Minggu, 09 September 2012

TATA TERTIB BIPERS CONTOH

Menimbang :
Bahwa dalam rangka pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah perlu menetapkan Peraturan Sekolah tentang Tata Tertib Peserta Didik.
Mengingat :
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Menetapkan :
PERATURAN SEKOLAH TENTANG TATA TERTIB PESERTA DIDIK

BAB I : Pengertian

Ketertiban berarti kondisi dinamis yang menimbulkan keserasian , keselarasan dan keseimbangan dalam tata hidup bersama sebagai makhluk Tuhan. Dalam kehidupan sekolah , kondisi itu mencerminkan keteraturan dalam pergaulan , dalam penggunaan dan pemeliharaan sarana / prasarana , penggunaan waktu , pengelolaan administrasi dan dalam mengatur hubungan dengan masyarakat dan lingkungannya.
Ketertiban sekolah dituangkan dalam Tata Tertib Peserta Didik , dan disusun secara Operasional untuk mengatur tingkah laku dan sikap hidup peserta didik .
Dalam Tata Tertib Peserta didik memuat :
a. Hal-hal yang diharuskan atau diwajibkan.
b. Hal-hal yang dianjurkan.
c. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan atau larangan.
d. Sanksi-sanksi / hukuman bagi pelanggar.

BAB II : Kewajiban-kewajiban Siswa

Pasal 1 : Kehadiran siswa
  1. Sepuluh menit sebelum jam pertama siswa sudah hadir di sekolah
  2. Keterlambatan hadir kurang dari 10 menit diperbolehkan masuk klas / mengikuti pelajaran seijin guru Piket.
  3. Keterlambatan lebih dari 10 menit tidak diperbolehkan masuk / mengikuti pelajaran dan akan diberikan ijin masuk pada jam berikutnya setelah mendapat surat ijin dari guru Piket dan Petugas STKS ; sambil menunggu pergantian jam, siswa mendapat tugas khusus oleh tim STKS dan BK.
  4. Apabila siswa tidak masuk sekolah karena sakit , atau ijin harus mengirimkan surat ijin yang sah dari orang tua / wali murid pada hari itu juga atau lewat telpon sekolah.
  5. Jumlah hari hadir selama satu Semester sekurang-kurangnya 95% hari efektif sekolah , dan apabila tidak terpenuhi maka dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk penentuan kenaikan klas.
  6. Apabila siswa akan meninggalkan sekolah sebelum jam belajar sekolah berakhir oleh karena sakit atau ijin keperluan lain, harus minta ijin kepada semua guru Bidang Studi yang ditinggalkan, dan baru boleh meninggalkan sekolah setelah mendapat surat ijin meninggalkan sekolah dari guru Piket dan Petugas STKS.
  7. Apabila siswa akan meninggalkan klas atau jam pelajaran harus minta ijin kepada guru yang mengajar di kelas yang bersangkutan dan surat ijin ditinggalkan di klas.
  8. Wajib mengikuti semua kegiatan belajar mengajar sejak jam pertama hingga jam terakhir , serta pulang secara bersama-sama setelah tanda bel pelajaran terakhir dibunyikan.
  9. Berada di dalam klas pada jam-jam kegiatan belajar mengajar dan tetap berada dilingkungan halaman sekolah pada saat jam istirahat.
  10. Wajib mengikuti Upacara yang ditentukan oleh sekolah.
Pasal 2: Pakaian seragam sekolah
  1. Mengenakan pakaian seragam OSIS lengkap dengan atributnya pada hari Senin s.d. Kamis serta pada hari-hari Upacara yang ditentukan.
  2. Mengenakan pakaian seragam Pramuka lengkap dengan atributnya pada hari Jumat
  3. Mengenakan pakaian seragam putih – putih lengkap dengan atributnya pada hari Sabtu
  4. Bersepatu Hitam bertali dan berkaos kaki putih panjang.
  5. Mengenakan ikat pinggang yang telah ditentukan oleh sekolah
  6. Potongan dan bahan pakaian seragam serta atribut sesuai dengan ketentuan/model yang telah ditetapkan oleh sekolah , antara lain :
    1. Siswa : celana tidak gembyong dan atau tidak berujung pensil
    2. Siswi : rok panjang
  7. Pakaian seragam dalam keadaan bersih dan rapi (tidak kotor/lusuh).
  8. Baju bagian bawah dimasukan pada celana/Rok sehingga tampak ikat pinggangnya.
  9. Mengenakan Topi sekolah saat Upacara bendera.
Pasal 3: Lingkungan sekolah
  1. Ikut menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah.
  2. Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
  3. Membersihkan ruangan kelas setiap hari oleh petugas Piket Kelas masing-masing.
  4. Mengatur sepeda/sepeda motor di tempat Parkir Sekolah secara teratur dan rapi serta dikelompokan sesuai tempat parkir yang telah ditentukan.
  5. Tidak melakukan corat-coret baik di dinding maupun meja belajar.
  6. Ikut menjaga kelestarian tanaman sekolah.
  7. Tidak merusak sarana /prasarana yang ada di sekolah.
Pasal 4: Etika , Estetika dan sopan santun
  1. Menghormati Kepala sekolah , guru dan karyawan SMA Negeri 1 Jogonalan
  2. Bersikap sopan dan santun kepada semua warga sekolah.
  3. Menjunjung tinggi kultur dan adat budaya
  4. Bagi siswa putri tidak berdandan secara mencolok dan tidak mengenakan perhiasan secara berlebihan.
  5. Rambut diatur secara rapi tidak dicat dan untuk siswa putra tidak berambut Gondrong.
  6. Bagi siswa putra tidak mengenakan perhiasan/assesori yang tidak selayaknya dikenakan siswa putra.
  7. Berbicara secara santun , baik terhadap guru/ karyawan maupun teman-teman sekolah.
  8. Saling hormat-menghormati sesama siswa.
  9. Menjaga keamanan dan ketertiban selama di sekolah maupun sepulang sekolah.
  10. Mengendarai dan melengkapi sepeda motor/kendaraan sesuai dengan ketentuan UU Lalu Lintas.
Pasal 5: Administrasi Sekolah
  1. Menyelesaikan pembayaran keuangan sekolah tepat waktu sesuai ketentuan.
  2. Meminjam dan mengembalikan buku-buku Perpustakaan sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh Perpustakaan.
  3. Memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah secara benar sesuai dengan pengunaannya.
Pasal 6: Kegiatan Ekstra Kurikuler dan Pengembangan Diri
  1. Wajib mengikuti ekstrakurikuler/Pengembangangan Diri sekurang-kurangnya satu jenis Kegiatan Ekstra Kurikuler /Pengembangan Diri bagi klas X dan klas XI
  2. Wajib mengikuti kegiatan lain yang ditentukan oleh sekolah.

BAB III : Larangan-larangan

Pasal 1
  1. Melanggar kewajiban-kewajiban yang harus dipatuhi oleh siswa sebagaimana pada Bab II.
  2. Meninggalkan sekolah sebelum berakhirnya kegiatan belajar mengajar tanpa ijin (bolos)
  3. Berkeliaran atau berada di luar kelas pada saat jam-jam kegiatan belajar mengajar
  4. Berkeliaran di luar lingkungan sekolah pada saat jam-jam kegiatan belajar mengajar maupun istirahat
  5. Membawa sepeda motor yang tidak lengkap ( Protholan ) ke sekolah.
  6. Memarkir sepeda motor di luar pagar sekolah.
  7. Mengendarai sepeda / sepeda motor pada jam pelajaran di halaman sekolah.
  8. Membawa uang saku secara berlebihan.
  9. Bertingkah / berbicara teriak-teriak dan berbuat onar yang mengundang kerawanan sekolah.
  10. Berpacaran di lingkungan sekolah baik pada saat jam-jam sekolah maupun di luar jam sekolah.
  11. Membawa senjata tajam atau sejenisnya, yang diperkirakan dapat dipergunakan untuk hal-hal yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain.
  12. Berkelahi diantara sesama siswa SMA Negeri 1 Jogonalan, maupun siswa/orang lain di luar SMA Negeri 1 Jogonalan.
  13. Merokok selama masih mengenakan seragam sekolah baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  14. Berjudi atau hal-hal yang bisa diindikasikan perjudian.
  15. Mengambil barang –barang baik milik sekolah maupun milik teman yang bukan miliknya
  16. Melakukan pemerasan atau sejenisnya yang bersifat atau diindikasikan Premanisme.
  17. Melakukan pelecehan / penghinaan kehormatan martabat guru , karyawan maupun sesama peserta didik.
  18. Membawa buku bacaan / kaset Video ataupun HP yang memuat Video pornografi .
  19. Membawa/mengkonsumsi/mengedarkan obat-obat terlarang ( Narkoba ) maupun minuman keras , baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  20. Pelecehan Seksual dan perbuatan Tidak senonoh
  21. Menikah dan atau hamil
  22. Melakukan semua tindakan dalam kategori Tindakan Kriminal.
  23. Bertato
  24. Memalsukan dokumen administrasi sekolah
  25. Menggunakan alat komunikasi elektronik (HP) dalam kegiatan Pembelajaran/Evaluasi tanpa ijin.

BAB IV: Sanksi – sanksi

Pasal 1: Tahapan saksi
Apabila siswa tidak mentaati kewajiban – kewajiban dan melanggar larangan-larangan seperti tersebut di atas , maka akan diberikan Sanksi oleh sekolah berupa :
  1. Peringatan secara lisan dan penindakan secara langsung
  2. Peringatan secara tertulis.
  3. Pemanggilan orang tua / wali peserta didik
  4. Skorsing tidak boleh mengikuti pelajaran.
  5. Dikembalikan kepada Orang tua / wali.
  6. Dikeluarkan dari sekolah dengan tidak hormat
Pasal 2: Peringatan secara lisan dan penindakan secara langsung
Diberlakukan bagi siswa yang melanggar tata tertib peserta didik yang bersifat Katagori ringan :
  1. Tidak mematuhi kewajiban sebagaimana Bab II Kewajiban-kewajiban Siswa
  2. Melanggar Larangan –larangan sebagaimana Bab III pasal 1 :
    1. Berkeliaran atau berada di luar klas pada saat jam-jam kegiatan belajar mengajar
    2. Membawa uang saku secara berlebihan
    3. Memarkir sepeda motor di luar pagar sekolah
    4. Bertingkah / berbicara teriak-teriak dan berbuat onar yang mengundang kerawanan sekolah.
    5. Berpacaran di lingkungan sekolah baik pada saat jam-jam sekolah maupun di luar jam sekolah
    6. Membawa buku bacaan / kaset Video ataupun HP yang memuat Video pornografi
  3. Penindakan langsung dapat berupa hukuman pembinaan yang bersifat mendidik.
Pasal 3: Peringatan secara tertulis
Diberlakukan bagi siswa yang melanggar tata tertib peserta didik yang bersifat pembinaan awal :
  1. Melanggar kewajiban sebagaimana Bab II secara berulang kali
  2. Tidak mengindahkan peringatan secara linsan dan penindakan secara langsung sebanyak 3 kali sebagaimana ketentuan Bab IV pasal 2
  3. Melanggar Larangan –larangan sebagaimana Bab III pasal 1 :
    1. Membawa senjata tajam atau sejenisnya
    2. Merokok selama masih mengenakan seragam sekolah baik di sekolah maupun di luar sekolah
    3. Membawa sepeda motor yang tidak lengkap ( Protholan ) ke sekolah
    4. Berkeliaran di luar lingkungan sekolah pada saat proses kegiatan belajar mengajar maupun istirahat
    5. Mengendarai sepeda / sepeda motor pada jam pelajaran di halaman sekolah
    6. Bertingkah / berbicara teriak-teriak dan berbuat onar yang mengundang kerawanan sekolah
    7. Berpacaran di lingkungan sekolah baik pada saat jam-jam sekolah maupun di luar jam sekolah
    8. Meninggalkan sekolah sebelum berakhirnya kegiatan belajar mengajar tanpa ijin (bolos )
    9. Bertato
    10. Memalsukan Dokumen
  4. Peringatan tertulis berupa :
    1. Surat pemberitahuan kepada orang tua / wali
    2. Surat pernyataan / janji siswa yang diketahui oleh orang tua / wali.
  5. Peringatan tertulis untuk sebuah pelanggaran diberlakukan sebanyak-banyaknya 3 kali dan selebihnya dilakukan tahapan pemanggilan orang tua / wali peserta didik.
Pasal 4: Pemanggilan orang tua / wali Peserta didik
Diberlakukan bagi siswa yang melanggar tata tertib peserta didik yang bersifat pembinaan bersama:
  1. Telah melalui tahapan pembinaan sebagaimana disebutkan pada Bab IV pasal 2 dan pasal 3
  2. Melanggar Larangan –larangan sebagaimana Bab III pasal 1 :
    1. Membawa buku bacaan/kaset Video ataupun HP yang memuat Video pornografi.
    2. Berkelahi diantara sesama siswa SMA Negeri 1 Jogonalan, maupun siswa / orang lain di luar SMA Negeri 1 Jogonalan
    3. Mengambil barang –barang baik milik sekolah maupun milik teman yang bukan miliknya
    4. Berjudi atau hal-hal yang bisa diindikasikan perjudian
    5. Melakukan pemerasan atau sejenisnya yang bersifat atau diindikasikan Premanisme
    6. Melakukan pelecehan / penghinaan kehormatan dan martabat guru , karyawan maupun sesama peserta didik
  3. Pemanggilan orang tua / wali peserta didik yang bersifat mendesak dapat dilakukan melalui telpon atau sarana komunikasi lainnya.
Pasal 5: Skorsing tidak boleh mengikuti pelajaran
Diberlakukan bagi siswa yang melanggar tata tertib peserta didik yang bersifat peringatan Keras :
  1. Telah melalui tahapan pembinaan sebagaimana disebutkan pada Bab IV pasal 2 , pasal 3 dan pasal 4.
  2. Melanggar Larangan –larangan sebagaimana Bab IV pasal 2 , pasal 3 dan pasal 4 secara berulang.
  3. Melanggar tahapan-tahapan pembinaan yang telah dilakukan : Peringatan secara lisan , Peringatan secara tertulis , Pemanggilan orang tua / wali peserta didik.
Pasal 6: Dikembalikan kepada Orang tua / wali
Diberlakukan bagi siswa yang melanggar tata tertib peserta didik yang bersifat dengan Kategori berat:
  1. Telah melalui tahapan pembinaan sebagaimana disebutkan pada Bab IV pasal 2 , pasal 3 , pasal 4 dan pasal 5.
  2. Melanggar Larangan –larangan sebagaimana Bab III pasal 1 :
    1. Membawa/mengkonsumsi/mengedarkan obat-obat terlarang ( Narkoba ) maupun minuman keras, baik di sekolah maupun di luar sekolah
    2. Menikah dan atau hamil
  3. Menjalani proses hukum tindak pidana oleh pihak kepolisian
  4. Melakukan penghasutan atau sejenisnya yang bersifat SARA.
Pasal 7: Dikeluarkan dari sekolah dengan Tidak hormat
Diberlakukan bagi siswa yang melanggar tata tertib peserta didik yang bersifat dan Kategori amat sangat berat :
  1. Telah melalui tahapan pembinaan sebagaimana disebutkan pada Bab IV pasal 2 , pasal 3 , pasal 4 dan pasal 5 dan diindikasikan sudah tidak memungkinkan dilakukan pembinaan.
  2. Pelecehan Seksual dan perbuatan Tidak senonoh
  3. Berbuat onar dan mengganggu Stabilitas sekolah.

BAB V: Mekanisme Penanganan Kasus

Pasal 1: Kasus Pelanggaran Tata tertib peserta didik
  1. Tahapan penanganan kasus pelanggaran tata tertib peserta didik :
    1. Peringatan secara lisan dan penindakan langsung
    2. Peringatan secara tertulis
    3. Pemanggilan orang tua / wali peserta didik
    4. Skorsing tidak boleh mengikuti pelajaran
    5. Dikembalikan kepada Orang tua / wali
    6. Dikeluarkan dari sekolah dengan tidak hormat
  2. Setiap guru / karyawan berhak melakukan Peringatan secara lisan dan penindakan langsung kepada setiap siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib peserta didik.
  3. Setiap guru / karyawan yang telah melakukan Peringatan secara lisan dan penindakan langsung terhadap siswa , untuk segera melaporkan kepada Wali Klas / guru BP/BK berkaitan dengan pelanggaran tata tertib peserta didik yang dilakukan oleh siswa untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  4. Tim STKS memiliki wewenang melakukan Peringatan secara lisan dan penindakan langsung serta menetapkan dan memberikan besar skor pelanggaran kepada peserta didik yang secara nyata melakukan pelanggaran.
  5. Peringatan secara tertulis diberikan oleh sekolah dilengkapi dengan data pelanggaran yang telah dilakukan siswa berdasar usulan dari TIM STKS.
  6. Tim STKS memberikan Laporan penanganan pelangaran siswa kepada BP/BK untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  7. Pemanggilan orang tua / wali peserta didik yang melakukan pelanggaran dilakukan oleh BP/BK dan diketahui oleh Kepala Sekolah.
  8. Dalam hal sanksi berat dan sangat berat siswa Dikembalikan kepada Orang tua / wali dan Dikeluarkan dari sekolah Tidak dengan hormat dilakukan setelah melalui rapat dewan guru.
Pasal 2: Kasus pribadi
  1. Kasus pribadi dimaksudkan sebagai kasus bukan bersifat pelanggaran Tata Tertib Peserta didik
  2. Penanganan dilakukan oleh Wali Klas , Guru BP/BK dan orang tua / wali peserta didik

BAB VI: Penutup

  1. Peraturan sekolah ini diberlakukan sejak tanggal ditetapkan
  2. Hal-hal yang belum diatur pada Peraturan sekolah ini akan diatur kemudian

Rabu, 05 September 2012

soal kwu

 MATA PELAJARAN     : KEWIRAUSAHAAN        WAKTU        : 90 Menit   
KELAS                          : 10 TKJ/TKR                      NAMA          :  ………………   


I.    Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1.    Apa pengertian dari komitmen  ….
2.    Apa pengertian dari Konsisten  ….
3.    Apa pengertian dari mercusuar …
4.    Apa yang dimaksud dengan  tepat waktu adalah organisasi …
5.    Apa yang  dimaksud dengan tepat waktu adalah ukuran …
6.    Apa yang dimaksud dengan tepat janji …
7.    Apa yang dimaksud dengan kualitas  …
8.    Apa yang dimaksud dengan kuantitas …
9.    Apa pengertian dari risiko …
10.    Berikan contoh dari risiko teknis …
11.    Berikan contoh dari risiko pasar  …..
12.    Berikan contoh dari risiko kredit ….
13.    Apa pengertian dari risiko alam ….
14.    Apa kepanjangan dari SWOT ….
15.    Apa fungsi dari analisis SWOT ….
16.    Apa pengertian dari Masalah …
17.    Apa saja  manfaat  yang dapat diambil dari masalah…
18.    Apa pengertian persaingan ….
19.    Apa saja  manfaat  yang dapat diambil dari adanya masalah…
20.    Sebutkan macam-macam Informasi  dan pembagiannya


MATA PELAJARAN     : KEWIRAUSAHAAN        WAKTU        : 90 Menit   
KELAS                          : 11 TKJ/TKR                      NAMA          :  ………………   


JAWABLAH PERTANYAAN INI DENGAN BENAR.
1.    Apa yang dimaksud dengan seni menjual ….
2.    Apa maksud dan tujuan  seni menjual …
3.    Sebutkan lima sifat  yang harus dimiliki oleh penjual …
4.    Ada berapa pengetahuan yang harus dimiliki oleh salesman …
5.    Bagaimana cirri-ciri fisik  pelanggan piknis  …
6.    Bagaimana ciri-ciri sifat pelanggan piknis  …
7.    Bagaimana saran pelayanan yang baik terhadap pelanggan piknis  …
8.    Apa yang dimaksud dengan A3 ... dan apa kepanjangannya …
9.    Apa saja alasan konsumen untuk membeli ….
10.    Apa  yang dimaksud dengan harga pokok dan harga jual…
11.    Jika harga tanah Rp. 50 jt,  calo meminta 10 persen,  biaya lain-lain Rp. 2 jt, maka harga  jual  adalah harus lebih dari …..
12.    Sebutkan cara-cara atau proses penjualan computer …..
13.    Sebutkan cara-cara atau proses penjualan motor second  …..
14.    Bagaimana cara mengatasi pembeli yang merasa lebih tau dibandingkan dengan penjual …
15.    Bagaimana cara  mengatasi pembeli yang merasa takut dan sungkan …
16.    Bagaimana cara menawar yang baik  jika pembelian terjadi di pasar tradisional …
17.    Apa yang dimaksud dengan garansi ….
18.    Apa yang dimaksud dengan Discount …
19.    Apa yang dimaksud dengan Retur ….
20.    Jika anda seorang pembeli, Bagaimana cara mengatasi pembelian barang yang tidak bisa dicoba ditempat sedangkan barang tersebut belum diketahui berfungsi atau tidaknya …

Soal 1
Inovatif, kreatif, fleksibel mempunyai banyak sumber serba dapat dan mengertahui banyak  hal merupakan watak wirausaha yang ditunjukan pada ciri cirri karakteristik      dan sifat profil wirausaha yang…
a.    percaya diri
b.    beroreintasi pada tugas dan hasil
c.    berani mengambil resiko
d.    berorientasi pada masa depan
e.    memiliki keorisinilan
Soal 2
Keuntungan menjadi wirausaha adalaah…..
a.    terbuka peluang untuk mendemonstrasikan kemampuan serta potensinya
b.    memperoleh pendapataan yang tidak pasti
c.    tanggung jawab sangat besar
d.    kesempatan bekerja dengan waktu yang panjang
e.    membantu kerja keras dan harus berhemat
Soal 3
Sebagai generator pembangunan lingkungan , pribadi,distribusi, pemelihara lingkungan       dan kesejahteran merupakan……kewirausahaan.
a.    tujuan
b.    asas
c.    manfaat
d.    sasaran
e.    ciri-ciri

Soal 4
Seorang yang menciptakan kesejahteraan  untuk orang lain dan menemukaan cara - cara baru dengan menggunakan sumber daya, mengurangi pemborosan, dan  membuka lapangan kerja yang disenangi oleh masyarakat merupakan pengertian dari…
a.    kewirausahaan
b.    ushahawan
c.    wirausahawan
d.    wirausaha
e.    pengusaha
 Soal 5
Kemampuan untuk berkarya dalam kebersamaan berlandaskan etika bisnis yang sehat merupakan…
a.    landasan kewirausahaan             
b.    asas asas kewirausahaan
c.    prinsip prinsip kewirausahaan     
d.    fungsi wirausaha
e.    etika wirausaha
Soal 6
Market leader artinya adalah….
a.    pemimpin pasar, produk yang melekat disukai konsumen
b.    pemegang hak penjual produk    
c.    pemegang kekuasaan di pasar
d.    penantang pasar
e.    usaha yang ikut-ikutan                      
Soal 7
Tiga komponen utama yang perlu di teliti dalam membuka usaha baru adalah…..
a.    fits, gaps,uncertainity
b.    entrepreneur
c.    oppurtunity
d.    recources
e.    entrepreniur, . recources, Opurtunity
Soal 8
Faktor- faktor personal yang mendorong inovasi adalah….
a.    peluang
b.    keinginan untuk berprestasi
c.    pengalaman         
d.    kreativitas
e.    persaingan                              
Soal 9
Market leader , market challenger, market follower,dan market neicer adalah istilah-istilah…….dalam dunia bisnis.
a.    pemicu
b.    resiko
c.    persaingan
d.    ancaman
e.    group
Soal 10
Kebutuhan akan suatu prestasi merupakan merupakan watak dan ciri ciri…..
a.    kepemipinan
b.    berorientasi pada tugas dan hasil
c.    percaya diri
d.    keorsinilan
e.    berorientasi pada masa depan.
Soal 11
Etos kerja yang tinggi dari seorang wirausaha terletak pada…..
a.    kecepatan untuk bertindak
b.    keuntungan yang diperoleh
c.    banyaknya karyawan
d.    kemampuan mengatasi masalah
e.    keberanian memikul resiko                    
Soal 12
Keteguhan, ketidaketergantungan, kepribadian, mantap dan optimism merupakan ciri - ciri dari ….
a.    kepemimpinan                              
b.    perrcaya diri
c.    pengambilan resiko        
d.    keorisinilan
e.    komitmen                 
Soal 13
Self confidence artinya adalah…
a.    kematangan  diri
b.    kedewasaan diri
c.    keyakinan diri
d.    keteguhan diri
e.    percaya diri                 
Soal 14
Dibawah ini yang merupakan watak dan ciri ciri keorisinilan adalah ……
a.    keyakinan
b.    kemampuan mengambil resiko
c.    inovasi dan kreatif                       
d.    tekad kerja keras
e.    energik
Soal 15
Memiliki komitmen tinggi, bertanggung jawab, peluang mencapai obsesi, toleransi menghadapi resiko, kebimbangan dan ketidakpastian, yakni pada dirinya, kreatif dan fleksibel, energik motivasi untuk unggul adalah beberapa karakteristik sukses menurut pendapat…
a.    Murphy dan Peck
b.    BN Marbun
c.    Fadel Muhammad
d.    Zimmerer
e.    Raymon W.Y. Kao
Soal 16
Menurut Dewey, seorang wirausahawan yang reflektif hendaknya….
a.    merumuskan masalah yang ingin dipecahkan 
b.    mengumpulkan data data
c.    mengambil kesimpulan dari data invalid                     
d.    mengkaji masalah
e.    memverifikasi data
Soal 17
Mengambil resiko yang sedang sedang saja jika terdapat ketidakpastian adalah:
a.    pedoman                                 
b.    faktor
c.    dasar dan teknik                     
d.    saran – saran
e.    fungsi
Soal 18
Jika masalahnya baru dan tidak dikenal, maka diperlukan suatu….
a.    orientasi yang sama
b.    orientasi yang berbeda
c.    pengalaman
d.    orientasi pada tujuan
e.    orientasi pada hasil
Soal 19
Masalah adalah..
a.    sesuatu yang tidak dipermasalahkan
b.    sesuatu yg belum ada jalan keluarnya
c.    kesamaan antara harapan dan kenyataan
d.    suatu standar yang normal
e.    hambatan yang telah teratasi untuk mencapau tujuan
Soal 20
Permasalahan yang dihadapi oleh wirausahawan hendaknya yang…..
a.    llogis
b.    actual
c.    menarik
d.    aktual dan menarik
e.    independen
Soal 21
Keputusan yang dibuat atas dasar otoritas yang berpedoman dan dipengaruhi oleh factor di bawah ini , kecuali..
a.    status
b.    hak milik
c.    undang undang  
d.    peraturan
e.    kepribadian                           
Soal 22
Yang dapat mempengaruhi hasil akhir keputusan adalah
a.    kepribadian dan sikap wirausaha
b.    perasaan dan mental wirausaha
c.    semangat juang wirausaha
d.    motivasi wirausaha
e.    intelektual wirausahawan
Soal 23
Ketrampilan untuk memimpin diri sendiri agar dapat membuat keputusan dimulai dengan :
a.    melatih kemampuan
b.    melatih disiplin
c.    mengenal diri sendiri     
d.    authority
e.    kerja keras                        
Soal 24
Untuk dapat mengambil keputusan yang tepat, seorang wirausahawan sangat membutuhkan sumber-sumber informasi yang….
a.    banyak                                        
b.    lengkap dan sistematis
c.    lengkap dan akurat         
d.    data terkini
e.    memiliki nilai jual                   
Soal 25
Manfaat dari berfikir kreatif ...
a.    membuat orang semakin mencintai pekerjaanya
b.    memberikan kemungkinan setiap orang mencapai tujuan
c.    membuat hidup lebih menyenangkan
d.    menyediakan kerangka kerja dan dapat kerja
e.    semua jawaban benar

 Soal26
Wirausahawan gagal dalam bisnis karena:
a.    adanya revormasi ekonomi        
b.    dana yang selalu kurang
c.    banyaknya saingan
d.    terlambat berinovasi
e.    tempat yang tidak strategis             
Soal 27
Cara berpikir positif mengarah pada hal hal yang baik  dan sesuatu yang buruk harus dipandang sebagai pengalaman dan guru terbaik. Cara berpikirdemikian sebagai cara….
a.    kreatif dan produktif
b.    inovatif
c.    positif        
d.    efektif dan efisien
e.    optimis                                                         
Soal 28
Sifat orisinal seseorang wirausaha menuntut adanya…..
a.    keuletan
b.    ketangguhan              
c.    kerja keras
d.    kerja cerdas
e.    kerja tuntas                             
Soal 29
Ciri- ciri manusia kreatif diantaranya:
a.    dapat meningkatkan ketrampilan
b.    dapat meningkatkan mutu produk
c.    dapat meningkatkan efisiensi kerja
d.    dapat meningkatkan keuntungan
e.    mau mengambil resiko yang telah diperhitungkan
Soal 30
Produktivitas ialah kuantitas atau volume dari produk atau jasa yang dihasilkan  termasuk…….. dari produk tersebut.
a.    desain       
b.    kualitas
c.    price
d.    trade mark
e.    propotype                                         



Soal 31.
Dalam berbisnis Waralaba, ada beberapa kiat yang harus di lakukan yaitu…: (BAB 6)
a. Kumpulkan seluruh informasi mengenai bisnis waralaba.
b. Tidak memilig bisnis waralaba yang tidak sesuai dengan kemampuan.
c. Pilihlah jenis usaha waralaba yang memiliki potensi rendah.
d. Bagi peminat waralaba harus mempunyai modal yang banyak.
Jawab: A


Soal 32
 Di bawah ini rtika yang baik yang harus menjadi peganganpara pelaku bisnis, kecuali…? (BAB 10)
a. Kejujuran.
b. Integritas.
c. Mengejar keunggulan hanya dalam 1 hal saja.
d. Kesetiaan.
Jawab: C


3Soal 33
Berikut cara memulai bisnis baru… (BAB 6)
a. Memulai bisnis baru.
b. Membeli bisnis yang belum ada.
c. Memilih usaha yang tidak sesuai kemampuan.
d. Mengembangkan bisnis yang belum ada.
Jawab: A


Soal 34
 Dalam melakukan upaya pemasaran, ada cara yang harus dilakukan, kecuali…(BAB 9)
a. Pengenalan pasar.
b. Strategi Pemasaran.
c. Bauran Pemasaran.
d. Memberi peluang kepada wirausahawan lain.
Jawab: D

Soal 35
 Dalam melakukan rencana pemasara, ada hal yang harus di pertimbangkan, yaitu…(BAB 9)
a. Menetapkan visidan misi yang harus di buat sederhana mungkin.
b. Hanya menentukan jangka waktu pemasaran.
c. Membuat bagan rencana pemasaran yang mencakup waktu pelaksanaa.
d. Melakukan analisis SMART
Jawab: A

Soal 36
Banyak cara untuk melihat peluang yang terjadi disekitar kita,selama masih ada kebutuhan dan keinginan.Selama itu pula terdapat peluang yang dapat kita manfaatkan,kecuali:(bab6)
a.mengenali kebutuhan pasar
b.Mengembangkan produk yang telah ada
c.Memadukan bisnis -bisis yang ada
d.melihat sumber ide bisnis

Soal 37
TQM(Total Quality Management)sangat penting dalam bidang kewirausahaan ,TQm itu sendiri adalah:(bab 7)
a.Adanya kemauan untuk melakukan perbaikan secara terus-menerus
b.Adanya kemauan untuk melakukan perbaikan secara singkat
c.Adanya kemauan untuk melakukan perbaikan secara tepat
d.Adanya kemauan untuk melakukan perbaikan secara baik

Soal 39
Tiga jenis modal yang diperlukan dalam menjalankan usaha adalah:(bab 8)
a.Modal investasi awal
b.Modal keraja
c.modal Operasional
d.A,B,C, benar

4.salah satu teknik dalam melakukan pengenalan pasar adalah:(bab 9)
a.Menentukan strtegi pemasaran
b.Mengembangkan pasar
c.Analisis SWOT
d.Melakukan diversifikasi

Soal 40
Kunciutama keberhasilan sebuah usaha adalah:(bab 10)
a.kejujurabn
b.Kedermawanan
c.Kebersamaan
d.A,b bebar
Soal 41
 Cara yang dapat dilakukan dalam menerapkan analisis SWOT dibawah ini, kecuali…(Bab6)
a. Melihat Kekuatan yang dimiliki
b. Melihat Keuntungan\Laba yang diharapkan
c. Melihat kelemahan yang dimiliki
d. Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan
Jawab B

Soal 42
 Bentuk legal yang dimiliki dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bisnis disebut…(Bab6)
a. Perusahaan perseorangan
b. Persekutuan
c. Perusahaan sendiri
d. Perusahaan perbankan
Jawab B

Soal 43
 Jenis modal yang diperukan dalam menjalakan usaha adalah…(Bab8)
a. Modal Infestasi awal
b. Modal Kerja
c. Modal Operasional
d. Semua Benar
Jawab D

Soal 44
 Dalam upaya memicu pertumbuhan ekonomi sekaligus mempengaruhi kehidupan social ekonomi masyarakat wirausaha dapat berperan dalam…(Bab 10)
a. Menciptakan Lapangan kerja baru
b. Menambah laba\keuntungan
c. Membuka usaha sendiri
d. Menambah beban Negara
Jawab A

Soal 45
 Perencanaan yang baik sangat diperlukan oleh wirausaha baru karena… (Bab7)
a. Dengan perencanaan kita akan laba
b. Dengan perencanaan, orang langsung berhasil
c. Dengan perencanaan, orang tidak pernah rugi
d. Dengan perencanaan dapat menjawab semua pertanyaan yang timbul dimasa yang akan dating
Jawab D       
Soal 46
. Cara yang dapat dilakukan dalam menerapkan analisis SWOT dibawah ini, kecuali…
a. Melihat Kekuatan yang dimiliki
b. Melihat Keuntungan\Laba yang diharapkan
c. Melihat kelemahan yang dimiliki
d. Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan
Jawab B

Soal 47
 Bentuk legal yang dimiliki dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bisnis disebut…
a. Perusahaan perseorangan
b. Persekutuan
c. Perusahaan sendiri
d. Perusahaan perbankan
Jawab B

Soal 48
 Jenis modal yang diperukan dalam menjalakan usaha adalah…
a. Modal Infestasi awal
b. Modal Kerja
c. Modal Operasional
d. Semua Benar
Jawab D

Soal 49
 Dalam upaya memicu pertumbuhan ekonomi sekaligus mempengaruhi kehidupan social ekonomi masyarakat wirausaha dapat berperan dalam….
a. Menciptakan Lapangan kerja baru
b. Menambah laba\keuntungan
c. Membuka usaha sendiri
d. Menambah beban Negara
Jawab A

Soal 50
 Perencanaan yang baik sangat diperlukan oleh wirausaha baru karena…
a. Dengan perencanaan kita akan laba
b. Dengan perencanaan, orang langsung berhasil
c. Dengan perencanaan, orang tidak pernah rugi
d. Dengan perencanaan dapat menjawab semua pertanyaan yang timbul dimasa yang akan dating
Jawab D

Minggu, 02 September 2012

Bahasa Jepang Bipers


Yang Umum diucapkan di Awal Pembicaraan

[JAP] Ohayou / Ohayou gozaimasu
[INA] “selamat pagi”

[JAP] Konnichiwa
[INA] “selamat siang”

[JAP] Konbanwa
[INA] “selamat malam”

[JAP] Yoroshiku onegaishimasu
[INA] “mohon bimbingannya” / “mohon bantuannya”
–> (biasanya diucapkan pada saat berkenalan, atau pada saat akan mengerjakan sesuatu bersama-sama)

[JAP] O genki desu ka?
[INA] “Apakah Anda sehat?”

[JAP] O kage desu
[INA] “Saya sehat-sehat saja.”
–> (digunakan untuk menjawab “O genki desu ka?”)

[JAP] Kyou wa ii o tenki desu ne?
[INA] “Cuaca hari ini bagus, bukan?”

[JAP] Youkoso!
[INA] “Selamat datang!”

[JAP] Moshi-moshi…
[INA] “Halo…” (berbicara lewat telepon)



Yang Umum diucapkan Selama Percakapan Berlangsung

[JAP] Hai
[INA] “Ya”
–> (untuk menyetujui sesuatu atau menjawab pertanyaan)

[JAP] Iie
[INA] “Tidak”
–> (kebalikannya “hai”)

[JAP] Arigatou / Arigatou gozaimasu
[INA] “Terima kasih”
–> (gozaimasu di sini dipakai untuk ucapan formal, atau bisa juga menyatakan “terima kasih banyak”)

[JAP] Gomen na sai
[INA] “Mohon maaf”

[JAP] Sumimasen
[INA] “Permisi”
–> (bisa juga diterapkan untuk minta maaf seperti “gomen na sai”)

[JAP] Zannen desu
[INA] “sayang sekali” / “amat disayangkan”

[JAP] Omedetou, ne
[INA] “Selamat ya”
–> (untuk beberapa hal yang baru dicapai, e.g. kelulusan, menang lomba, dsb)

[JAP] Dame / Dame desu yo
[INA] “jangan” / “sebaiknya jangan”

[JAP] Suteki desu ne
[INA] “Bagus ya…” / “indah ya…”
–> (untuk menyatakan sesuatu yang menarik, e.g. ‘hari yang indah’)

[JAP] Sugoi! / Sugoi desu yo!
[INA] “Hebat!”

[JAP] Sou desu ka
[INA] “Jadi begitu…”
–> (menyatakan pengertian atas suatu masalah)

[JAP] Daijoubu desu / Heiki desu
[INA] “(saya) tidak apa-apa” / “(saya) baik-baik saja”



Jika Anda Kesulitan menangkap Ucapan Lawan Bicara Anda

[JAP] Chotto yukkuri itte kudasai.
[INA] “Tolong ucapkan lagi dengan lebih lambat.”

[JAP] Mou ichido itte kudasai.
[INA] “Tolong ucapkan sekali lagi.”

[JAP] Motto hakkiri itte kudasai.
[INA] “Tolong ucapkan dengan lebih jelas.”



Untuk Mengakhiri Pembicaraan

[JAP] Sayonara
[INA] “Selamat tinggal”

[JAP] Mata aimashou
[INA] “Ayo bertemu lagi kapan-kapan”

[JAP] Ja, mata / mata ne
[INA] “Sampai jumpa”

[JAP] Mata ashita
[INA] “Sampai jumpa besok”



Beberapa Kalimat yang Tidak Selalu Muncul dalam Dialog, tetapi merupakan Elemen Kebudayaan Jepang

[JAP] Irasshaimase!
[INA] “Selamat datang!”
–> (kalimat ini hanya diucapkan oleh petugas toko ketika Anda berkunjung)

[JAP] Ittekimasu!
[INA] “Berangkat sekarang!”
–> (kalimat ini diucapkan ketika Anda hendak pergi meninggalkan rumah pada orang yang tetap tinggal di dalam)

[JAP] Itterasshai
[INA] “Hati-hati di jalan”
–> (diucapkan ketika seseorang hendak pergi ke luar rumah; umumnya sebagai jawaban untuk “Ittekimasu”)

[JAP] Itadakimasu
[INA] [literal] “Terima kasih atas makanannya”
–> (kalimat ini sebenarnya tidak diartikan secara harfiah. Masyarakat Jepang biasanya mengucapkan kalimat ini sebagai ungkapan rasa syukur atas makanan yang dihidangkan)

[JAP] Gochisousama deshita
[INA] [literal] “perjamuan/hidangan sudah selesai”
–> (seperti “Itadakimasu”, kalimat ini juga tidak diartikan secara harfiah. Masyarakat Jepang pada umumnya mengucapkan kalimat ini seusai makan)

[JAP] Kimochi ii…!
[INA] [literal] “terasa nyaman”
–> (umum diucapkan jika Anda merasakan sesuatu yang nyaman di suatu tempat. E.g. ketika Anda pergi ke gunung dan merasa bahwa udaranya bagus, kalimat ini bisa dipakai untuk mengekspresikannya. ^^ )

upload vidio di blog MUHAMAD RIZKI WIDINATA

 

neh link cara upload vidio di blog

ENTREPRENEUR BISA....!!!!


Kita semua pasti mengenal tokoh entrepreneur yang ini. Sosoknya yang nyentrik dan selalu berpenampilan sederhana sebagai seorang pebisnis terkenal. Ia adalah pendiri dan pemilik tunggal supermarket terkenal dan usaha perladangan sayur hidroponik.Tidak semua orang mengetahui bahwa ia adalah seorang entrepreneur yang memulai usahanya benar-benar dari bawah dan bukan berasal dari keluarga wirausaha. Lalu bagaimana ia dapat menjadi seorang entrepreneur yang sukses? pada awalnya ia mengerjakan apa saja untuk mendapat penghasilan, mulai dari supir taksi hingga kuli bangunan. Namun, berkat hobi dan kerja kerasnya dan tanpa mengenal putus asa, ia mengembangkan usaha peternakan ayam yang dirintis bersama keluarganya, hingga akhirnya usaha terebut berkembang menjadi pabrik pengolahan daging. Bob Sadino memiliki kiat untuk selalu berusaha berdasarkan pada fantasi dirinya.
     Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Baginya uang bukan yang nomor satu, yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang. Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah ia lakukan. Menurut pendapatnya, kelemahan banyak orang yaitu terlalu banyak berpikir untuk membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. Menurutnya yang paling penting adalah tindakan. Keberhasilan Bob tidak terlepas dari ketidaktahuannya sehingga ia langsung terjun ke lapangan. Dan Setelah jatuh bangun, Bob trampil dan menguasai bidangnya.

hal lain yang lebih lengkap klik link berikut

http://www.websalman.com/tag/artikel-entrepreneur

cerpen, MUSIM DEMI MUSIM


KALAU KAU MENGINGATKU, PERCAYALAH AKUPUN AKAN MENGINGATMU

Acne tersenyum sendiri. Kata-kata dari Nico dua tahu lalu. Kadang seharusnya ia benci pada laki-laki itu. Perjalanan yang panjang bersama Nico, harus diakhiri dengan perpisahan yang menyakitkan. Tapi entah kenapa Acne masih merindukan kebersamaan itu

Nathan menjajari langkah acne.

PENDAR-PENDAR ITU MELIUK. ANGKASA YANG PUALAM. ABU GELAP, DALAM DERAP YANG SAMA. TAK ADA GANDENG TANGAN. CERITA LANJUTAN, ATAU VERSI KEDUA DENGAN JUDUL NATHAN...

"Sebutkan 3 alasan kenapa kau mengajaku kemari?" Nathan menyadari ada yang istimewa di hati Acne dengan tempat ini.
"Tak ada apa-apa, kau kan tinggal mengikutiku"
"mencoba menemukan kembali cintamu?" Acne menhentikan langkahnya.
"kau bisa meninggalkanku sekarang"
"dan tak akan pernah bisa menyadarkanmu.." Acne mendengus.

LOMPATAN-LOMPATAN CERITA MENGEMBANG. JEJAK SAMAR YANG MENGHANGAT. SETENGAH NAFASKU TERLALU BERHEMBUS UNTUKMU NICO.....

Acne memperhatikan wajah Nathan. Mulai memudarkan kekanakannya. Seperti rautnya saat berada dalam diskusi-diskusi resminya.
"Dua tahun sekali aku jatuh cinta"
"tunggu aku dua tahun lagi" Nathan menantang tatapan Acne
"Bagaimana bila aku telah menikah?"ledek Acne, Nathan baginya bocah dengan kekonyolan yang aneh. Berkenalan dengan Nathan membingungkan, usianya dua tahun lebih muda. Tapi tumpukan kata-katanya jelas tak krang darinya. Tapi tetap Nathan adalah 'bocah' dalam benak Acne.

"Aku tak mau cepat dewasa. Nikmati perjalanan hidup dengan batas pemikiran yang wajar. Toh ada jalur-jalur yang memang telah mengaturku, usaha berbanding seimbang dengan keinginan" jengkel rasanya Acne harus setiap saat mencerna ucapan Nathan. Sok bijak.

PEPERANGAN YANG MELELAHKAN. DENGAN APA HARUS KUNIKMATI DIRIMU. KESEMPURNAAN TELAH ADA PADAKU, MENYIRAPKU TAK MENGENYAMMU. KARENA SURGAKU ADALAH NICO.

"Acne..!" Nathan menarik ujung rambut Acne.
"Aduhh"
"Sudah mulai membandingkanku ya?" Acne meninggalkan Nathan begitu saja. Bocah itu selalu bisa menebak apa yang ada di otakku.

GETIR-GETIR, ADA CERITA MANIS. TAPI GETIR YANG TERANYAM. TETAP PADANYA PENDARKU BERSARANG. LALU GUNA APA INI DARI CINTA? MENGALAHKANKU BEGITU SAJA. APA HIDUP DENGAN KENANGAN, ADALAH HIDUP SEBENARNYA? LALU KENAPA NATAHAN BERBEDA DENGAN NICO???

"Sejak kau tahu aku menyukaimu. Kau tak pernah mendengarkanku lagi..." Nathan menyerahkan kembali sapu tangan milik Acne. "Aku bisa memilikimu dengan cara yang lain. Tapi satu, tak ada kebaikan yang sama Ac.., kau memberi Nico tawa setiap saat, kau memberi sapu tangan ini padaku. Kau lebih lama hidup dariku bukan berarti kau lebih dulu merasakan sesuatu dari pada aku. Seperti kau tahu Ciplukan karena aku yang memberitahumu, karena aku telah mengetahunya lebih dulu darimu. Bukan karena kau lebih dulu hidup dariku, apa yang kau lihat lebih banyak dari yang kulihat. Seperti kehilanganmu, kau tak pernah mau sekalipun memintaku untuk sekedar bertanya bagaimana melupakan Nico? Karena hanya alasan itu yang membuatmu sama sekali tak mengindahkanku."

AKU DALAM CEKAT. GELAP DAN PEDIH. WAKTUKU SUDAH MULAI KALAH. KENAPA TAK COBA SELAMI. DALAM DASAR ADA GAMBARAN. BUKAN SAMA BERARTI BAIK. TAK ADA CETAKAN SERUPA. TAPI RABA SAJA.

"Nathan..." Acne mendekati Nathan dengan senyum "Kau kuberi kesempatan sekali, bahwa kebaikan yang kau miliki tak kalah dengan Nico" Nathan tertawa.

JAGAT RAYA YANG MULAI CERIA

"Kenapa tak berkata untuk dirimu sendiri. Hai Acne kuberi kau kesempatan untuk buktikan ada yang baik lagi selain Nico." Acne cemberut.
"Itulah gadis. Sedikit manja, dan selalu ingin diistimewakan. Atau akan kau lihat gadismu ini, kembali mendekam dalam kenangan."
"Acne.. Acne.., tak ada orang yang memilih makan roti dalam mimpi dari pada makan roti sama keju dalam kenyataan..."
"Aku tak suka keju..!" Nathan tergelak. Dengan cepat diciumnya Acne...

LANGIT MERAH JAMBU. BUKAN SALAH BILA TERKENANG. TAPI SALAH BILA TERPAKU DENGAN KENANGAN...

"Aku suka kau cium..." Acne tersipu

cerpen TAPI, KENAPA SEKARANG?


Tak seharusnya aku mencintaimu seperti ini. Karena akan menyusahkan kita. kau, aku dan dia. Tapi perasaan siapa yang bisa menjaga? Aku menyukai kesederhanaanmu, aku menyukai tatapanmu, aku menyukai gerak tingkahmu.

"Tapi kenapa sekarang?" Kau selalu berusaha menjadi lebihbijak dariku. mungkin kau membawa beban 6 bulan lebih dariku. Usiamuj di atasku. Tapi tak harus bahwa kau memaksakan diri lebih dewasa darikukan? Cerita ini memang tak layak. Seandainya saja aku bukan bekas kekasihnya, atau kau bukan sahabatnya lebih pasti lagi seandainya dia tak masih mencintaiku, maka kisah asmara ini kita lebih mungkin bisa terjadi dengan baik.

Aku tak pernah mengatakan bahwa sebenarnya kau mencintaiku. Tapi hatiku hanya bisa berkata aku mencintaimu. Bukan karena dendamku padanya, bukan karena pelarianku padamu. bukan karena apa-apa, tapi aku merasa dirimu lebih kucari dari pada dia, dirimu lebih kumngerti daripada dia. walau petanyaanmusangat tepat "Tapi, kenapa sekarang?"

Aku tak akan menyusahkanmu. Tapi aku lebih yakin pada akhir yang indah, setelah semua ini. Aku tak akan dan tak terpikirkan untuk mengatakan dia tak baik. Karena dia sangat baik. Walau dengan luka yang ia torehkan, akupun tetap menganggapnya baik. Dan aku tau kau jauh lebih mngenalnya. Karena persahabatan kalian, lebih panjang dari sekedar umur percintaanku dengan nya.

Aku tak ingin memkasakan perasaanku padamu. Tapi kau sendiri yang memberi jawaban dengan pertanyaan "Tapi, kenapa sekarang?" Itu membuatku merasa cinta inipun bersemayam dihatimu. Entah sejak sebelum aku bersamanya, entah saat kau melihatku terluka. Walau dengan jujur aku bisa melihatmu saat setelah luka itu ada. Tapi bukan berarti kau pilihan kedua tapi aku hanya pernah butuh luka itu untuk menyimpulkan tentangmu.

Bila kau sungguh tak mencintaiku, bukan ucapan "Tapi, kenapa sekarang?" yang harus kau berikan saat itu. Tapi katakan saja "Aku tak mencintaimu" Mengetahui isi hatimu adalah hal pertama yang kubutuhkan. Tentang bagaimana menghadapai dia, lebih bisa kupikirkan kemudian. Tapi satu yang harus kau tahu, aku sudah mengatakan bahwa "akumencintaimu" dengan atau tanpa restu darinya.