Kamis, 29 November 2012

SOAL UAS X APK KOMUNIKASI/TELEPON



YAYASAN CHANDRA ARIA MANGGALA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK BINA PERSADA TERISI
Alamat: Jl. Raya Jangga-Terisi Desa Karangasem Blok Bucu Kecamatan terisi-Indramayu
Telp. 081 321 034 700 email: smkbinapersada@ymail.com
NASKAH SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata pelajaran             : Komunikasi/Telepon
Kelas                           : X APK
Hari / Tanggal             :
Waktu                         : 90 menit
1.      Jenis media informasi yang biasa digunakan untuk berkomunikasi antar ruangan dalam suatu       organisasi agar efektif dan efisien dan efektif tanpa harus mengeluarkan biaya yang relative mahal   adalah …… 
A.    Telepon                 D. Handphone
B.     Surat                     E. Intercom
C.     Radio
2.      Saat anda menerima telepon masuk dan penelpon ingin berbicara dengan pimpinan sementara beliau sedang sibuk dan tidak ingin diganggu. Apa  yang harus disampaikan agar si penelpon tidak kecewa ….
A.    “bapak sedang sibuk, tidak bisa diganggu!”
B.     “Tinggalkan pesan saja, bapak sedang sibuk!
C.     “Maaf, bapak sedang sibuk. Silahkan telepon kembali nanti”
D.    “Lainkali saja bapak telepon kembali”
E.     “Maaf , bapak sedang sibuk. Ada pesan yang ingin ditinggalkan”
3.      Petugas pelayanan diharapkan selalu memperhatikan keluhan pelanggan dan jangan sekali-kali mengabaikannya, Cara terbaik menangani pelanggan yang mengaluh karena pelayanan yang kurang adalah …..
A.    Menyampaikan secara langsung kepada atasan
B.     Menghindari pelanggan yang suka mengeluh
C.     Mencatat semua keluhan dengan lengkap
D.    Berusah amemberikan alsan yang jelas sehingga pelanggan puas
E.     Menanggapi , dicatat dan disampaikan kepada pemimpin
4.      Mampu memberikan tanggapan terhadap komunikan, merupakan bagian dari proses komunikasi yang disebut  ….
A.     Listening
B.     Observing
C.     Responding
D.    Clarifying
E.     Attending
5.      Jika anda akan melakukan percakapan telepon, maka hal-hal yang akan dibicarakan dicatat pada ….
A.    Blocknote                                     D. Memo
B.     Buku telepon                    E. Agenda
C.     Lembar pesan telepon
6.      Agar dapat berjalan dengan baik maka diperlukan adanya tata tertib. Penyusunan tata tertib rapat sebaiknya dilakukan…..
A.    Sebelum rapat
B.     Sesudah rapat
C.     Pada waktu rapat
D.    Pada waktu istirahat
E.     Sesudah ada pimpinan
7.      Apabila terpaksa rapat harus diselengarakan pada waktu malam hari, makamedia rapat paling urgent  adalah………
A.    Ruangan               D. Overhead proyektor
B.     Papan tulis            E. Lampu Penerangan
C.     Sound system
8.      Jika pelanggan merasa tidak puas akan pelayanan kita marah-marah di kantor, sebaiknya kita…..
A.    Layani untuk berdebat
B.     Meminta maaf saja sudah cukup
C.     Meminta maaf dan kita berikan solusi yang terbaik
D.    Biarkan saja karena pelanggan tidak teliti
E.     Melayani dengan setengah hati
9.      Melakukan komunikasi dengan media komunikasi verbal  seperti contoh dibawah ini kecuali ...
A.    Surat
B.    Telepon
C.    Anggota tubuh
D.    Telepon selular
E.    Telegram
10.   Begitu telepon berdering sekretaris harus segera mengangkat dan jangan membiarkan         telepon berdering lebih dari 3 kali hal ini merupakan ...
a.    prinsip bertelepon yang baik
b.     Teknik bertelepon yang baik
c.     Komunikasi telepon
d.    Komunikasi dua arah
e.     Komunikasi dua arah
11.  Salah satu hal penting yang harus diingat /diisi oleh seorang sekretaris pada waktu     mengisi LPT dalam membuat janji temu melalui telepon adalah ...
a.    Tanggal dan waktu perjanjian
b.     Ucapan yang jelas
c.     Sikap dan kata-kata yang baik
d.    Melatih suara agar enak didengar
e.     Mencatat segala pesan dan permintaan penelpon
12.  Prosedur pengiriman informasi dalam komunikasi dinamakan ...
a.    Komunikator             B.    Komunikan
b.     Message                    E.    Transmits
c.     Respon
13.  Yang tidak termasuk media komunikasi adalah
a.    Alat untuk menyampaikan informasi
b.     Alat untuk menerjemahkan lambang komunikasi
c.     Alat untuk mempercapat penyampaian informasi
d.    Alat untukk mendapatkan keuntungan ekonomi
e.     Alat untuk menghibur dan mendidik
14.  Berikut ini adlah contoh media komunakasi audio visual ...
A.    Majalah                    D.    Radio
B.     Telepon                    E.    Handphone
C.      Televisi
15.  Komunikasi yang berlangsung secara sefihak , dari fihak komunikator saja disebut ...
A.    Komunikasi vertical
B.     Komunikasi horizontal
C.     Komunikasi diagonal
D.    komunikasi dua arah
E.     Komunikasi empat arah
16.  Berikut ini adalah unsur-unsur kekuatan pribadi , kecuali ...
A.    Bakat                    D.    Perasaan
B.     Minat                    E.    Kekayaan
C.     Cita-cita
17.  Masalah dalam menyampaikan pesan, kecuali..
A.      Kurangnya media yang dibutuhkan
B.      Sikap yang otoriter dan keras kepala
C.      Menggunakan kata-kata atau kalimat yang panjang dan bertele-tele
D.     Menggunakan bahasa yang tepat
E.      Menggunakan kata-kata, istilah yang tidak dipahami komunikan
18.  Yang termasuk unsure komunikasi adalah…
A.    Cat Tembok          D. Biaya
B.     Komunikan           E. Perkumpulan
C.     Niat
19.  Lampu lalu lintas merupakan lambing jenis…
A.    Gerak                    D. Suara
B.     Warna                   E. Gambar
C.     Angka
20.  Komunikasi bermedia nirmassa contohnya..
A.      Televisi                 D. Radio
B.      Telepon                 E. Kentongan
C.      Bioskop

Essay
1.      Sebutkan Unsur-unsur komunikasi!
2.      Buatlah Format Block Notedan LPT!
3.      Buatlah percakapan telepon antara Anda sebagai TU SMK Bina Persada Terisi dengan Ibu Yoda dari Dinas Pendidikan kabupaten Indramayu. Beliau menanyakan Kepala Sekolah yang sedang Dinas Luar. (minimal 8 pembicaraan)

2 komentar: