Jumat, 03 Agustus 2012

Bipers, Terisi dan Pendidikan

Pendidikan menjadi mutlak tidak hanya dikaitkan dengan kebutuhan sebuah formalitas keberadaan Ijazah, lebih jauh dari itu adalah adanya perubahan-perubahan yang diharapkan. Pendidikan menjadi kebutuhan yang diawali dari kebutuhan individual yang akhirnya bergerak menjadi kebutuhan global. Terdidik tidak terdidiknya masyarakat sebenarnya tidak tergantung pada sekolah atau tidak sekolahnya masyarakat. Namun keberadaan sekolah menjadi begitu dominan dikaitkan dengan jalur pendidikan yang populer juga formal. 

Tidak terdidiknya masyarakat akan menumbuhkan beberapa ranah negatif, karena kita selalu dan akan selalu bersinggungan dengan kondisi yang terus berubah, maju dan penuh tantangan. Adanya sekolah menjembatani adanya permasalahan tersebut. Ketidaksanggupan masyarakat dalam menjawab tantangan yang ada membawa dampak negatif; terkalahkan oleh persaingan yang ada, teringgalkan karena buta teknologi, terasingkan dengan adanya perubahan yang terlalu cepat dan lain sebagainya.

Terisi sebagai sebuah kecamatan yang termasuk kedalam wilayah Kabupaten Indramayu, secara internal harus mulai menyadari tentang pentingnya pendidikan. Bukan lagi berbicara jumlah sekolah sebagai ciri keberadaan lembaga pendidikan. Namun juga lebih jauh mulai saling mencermati kualitas atau kelayakan terselenggaranya pendidikan di setiap lembaga pendidikan.

Secara keterselenggaraan lembaga pendidikan, wilayah kecamatan Terisi layak berbangga, di mulai dari jenjang terendah, yaitu BKB Kemas, TK, SD/DTA, SMP/Sederajat, SMA/SMK/Sederajat sampai ke perguruan tinggi telah ada di kecamatan Terisi. namun pertanyaan yang masih perlu dijawab, benarkah kualitas yang disediakan sesuai dengan mutu yang diharapkan? 
 
  
Namun berbicara positifisme, mari kita anggap segala kondisi yang bada adalah kondisi sementara yang akan selalu masih dapat meningkat dalam perbaikan. Amin..

SMK Bina Persada sebagai salah satu lembaga pendidikan Swasta yang tergolong baru, mencoba turut serta dalam pengupayaan penyelanggaraan pendidikan diwilayah kecamatan Terisi khususnya, juga secara umum di lingkungan sekitar. 

SMK Bina Persada Terisi mengajak seluruh lembaga pendidikan yang ada, mari bersama menjadi mitra yang sibiosis mutualisme, saling menguntungkan dalam berhubungan. karena esensi dasar penyelenggaraan pendidikan yang diharapakan adalah tidak lain. MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGASA. 

Tentu tidak mudah, namun akan menjadi lebih mudah bila kita saling bekerjasama, daripada saling bersinggungan tanpa rasa kekeluargaan. Bukankah kita adalah satu keluarga, keluarga Besar Lembaga Pendidikan di Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar