Jumat, 03 Agustus 2012

ENTREPRENEURSHIP

Apakah menjadi seorang pengusaha disebabkan oleh sesuatu yang ada dalam DNA Anda, atau hal itu dapat dilatih?

Fenomena buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya mungkin cukup berlaku. kenyataan pengusaha-pengusaha yang mengambil alih atau mewarisi usaha dari orang tuanya, nyaris membuat teori bahwa PENGUSAHA ITU ADALAH KEMAMPUAN KETURUNAN tidak bisa disangkal.  Tapi benarkah demikian, penelitian ternyata mengemukakan hal yang lain. berdasar penelitian di sebuah perguruan tinggi membuktikan, hampir 70 % mahasiswa yang mengikuti kelas entrepreneur secara teratur mampu merangsang mereka melakukan kegiatan usaha (menjadi pengusaha) tanpa terkotaki dengan latar belakang orang tuanya.



Proses ketertarikan menjadi PENGUSAHA pada dasarnya bertumpu pada kegiatan MEMOTIVASI, Bagaiman untuk mampu memberi SPIRIT untuk tidak selalu berfikir bahwa pekerjaan adalah memepekerjakan diri pada orang lain. Bagaimana sebuah manajerial diri mampu mengumpulkan segala sumber daya yang dibutuhkan, dengan mengoptimalkan kemampuan diri.

Maka dasar-dasar kegiatan enterpreneur mutlak harus di berikan untuk merangsang para calon pengusaha muda mau beraksi memulai usaha, tanpa harus bekerja pada instansi/orang lain. beberapa kegiatan ini akan membantu :
1. Identifikasi peluang usaha
2. Pengorganisasian dan pemilihan produk usaha
3. Pemenuhan Administrasi
4. Sistem pemasaran
5. Pembiayaan
6. Proposal Usaha

Kemampuan tersebut akan mampu membawa pengaruh besar terhadap kesuksesan Entrepreneurship. Baik bagi mereka yang memiliki modal finansial ataupun tidak, penguasaan membuat Proposal Usaha akan mampu membuat mereka merangkul investor-investor.


Akhir kata, MUNGKIN BENAR FAKTOR KETURUNAN AKAN BANYAK MEMEPENGARUHI MUNCULNYA JIWA KEPENGUSAHAAN namun INI DITITIK BERATKAN PADA SERINGNYA MEREKA BERSENTUHAN PADA KEGIATAN USAHA TERSEBUT, YANG JUGA MAMPU DITULARKAN PADA NON ANAK PENGUSAHA, DENGAN CARA BERLATIH.

BUKAN TERLAHIR SEBAGAI PENGUSAHA NAMUN TERLATIH SEBAGAI PENGUSAHA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar